Senin, 31 Oktober 2011

Tanya Jawab seputar Ibadah Bekam (Al Hijamah)

Titik Bekam
1. Apa itu Bekam ?
Bekam adalah sebuah therpy pengobatan dan pencegahan penyakit dengan cara mengeluarkan darah kotor, beracun, mati dan berpenyakit dari dalam tubuh melalui permukaan kulit.

2. Dari mana asalnya Bekam ?
Bekam berasal dari timur tengah sejak zaman kenabian. Praktek bekam telah dilakukan sejak berabad-abad yang lalu.

3. Siapa saja yang boleh dibekam ?
Siapa saja boleh dibekam dengan pengecualian secara umum sebagai berikut:
- Anak-anak dibawah 9 tahun.
- Orang tua yang sudah sangat lemah.
- Yang memiliki tekanan darah rendah dibawah 90/70.
- Yang memiliki penyakit diabetes yang sudah menimbulkan gangren.
- Sedang demam tinggi.
- Wanita hamil.
- Wanita sedang menstruasi.

4. Kenapa Bekam dikatakan sebaik-baik pengobatan ?
Pengobatan dengan terapi bekam merupakan tindakan pengobatan prefentif dan kuratif. Secara langsung mengeluarkan penyakit, membersihkan dan meningkatkan kualitas serta mlancarkan sirkulasi darah didalam tubuh. Dengan demikian sistem imunitas tubuh akan meningkat dan tubuh akan lebih kebal/tahan dari serangan-serangan berbagai macam penyakit. Disamping itu, Rasulullah SAW juga menyatakan dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Ahmad bahwa "Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah dengan hijamah (bekam)"

5. Apakah non muslim boleh dibekam ?
Islam ataupun Rasulullah SAW tidak pernah melarang siapapun untuk berbekam. Kesehatan adalah hak setiap manusia, apakah muslim atau bukan.

6. Apa alat yang digunakan untuk terapi Bekam ?
Peralatan yang kami (Griya Sehat Al Wahida Samarinda) gunakan adalah peralatan yang sudah memenuhi standar peralatan kesehatan modern. Umumnya peralatan yang digunakan bersifat disposal (sekali pakai buang). Dan untuk alat yang dipakai secara berulang (cupping set) akan disterilkan dengan proses sterilisasi standar kesehatan modern.

7. Penyakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan terapi Bekam ?
Hampir semua penyakit InsyaAllah bisa disembuhkan dengan therapy Bekam. Dan yang paling banyak merasakan manfaatnya adalah penderita penyakit sebagai berikut:
- Kolesterol tinggi.
- Tekanan darah tinggi.
- Jantung.
- Asam urat.
- Migrain/sakit kepala.
- Stroke.
- Diabetes.
- Masalah mata.
- Rematik.
- Asma.
- Leher/pundak kaku/kecapekan.
- Mudah masuk angin.
- Kaki kesemutan.
- Kaki bengkak.
- Hati/Liver.
- Vertigo.
- Kegagalan suntik silikon yang menyebabkan bengkak.

8. Berapa lama waktunya terapi Bekam ?
terapi bekam akan memakan waktu 30 - 90 menit, tergantung kondisi dan penyakit yang diderita pasien.

9. Apakah boleh sering-sering dibekam ?
Seberapa sering boleh dibekam tergantung kondisi penyakit pasien. Untuk terapi bekam pemeliharaan kesehatan dianjurkan 1 bulan sekali.

10. Apakah betul bekam disunnahkan oleh Rasulullah SAW ?
Rasulullah dalam riwayatnya berbekam secara berkala sekitar 3 bulan sekali. Dan Rasulullah pernah dibekam dipuncak kepala ketika disihir oleh dukun yahudi.

11. Saya ingin belajar menjadi therapist Bekam, dimanakah tempat pelatihannya ?
Anda bisa menghubungi Klinik Sehat Al Qanun atau melihat jadwal pelatihan yang kami cantumkan didalam website ini.

12. Mana yang lebih baik berbekam dengan pisau atau jarum ?
Mana yang lebih baiknya relatif, tergantung dari kualitas therapy yang dilakukan. Tetapi secara umum menggunakan pisau dengan tepat sangat efektif untuk mengeluarkan darah kotor.

13. Apakah ada kemungkinan malpraktek pada saat terapi Bekam ?
Malpraktek bisa terjadi dimana saja, termasuk pada saat terapi bekam. Tetapi malpraktek pada bekam sangat jarang terjadi karena proses terapi bekam hanya beberapa mikron di bawah permukaan kulit.

Hadits Rasulullah SAW Seputar Bekam & Pengobatan
"Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah Al Hijamah (bekam)" HR. Ahmad.

"Kesembuhan itu ada pada 3 (tiga) hal, dengan minum madu, pisau hijamah (bekam), dan kay (besi panas). Tetapi aku melarang umatku menggunakan kay" HR. Muslim.

"Setiap penyakit itu ada obatnya. Jika obat yang tepat jatuh pada penyakit, dengan izin Allah penyakit itu pasti sembuh" HR. Muslim.

”Pada Malam Aku di Isra’ kan, aku tidak melewati sekumpulan malaikat melainkan mereka berkata: ” Wahai Muhammad, suruhlah umatmu melakukan Bekam” HR. Ibnu Maajah & At Tirmidzi.

“Kalaulah dalam sesuatu dari apa yang kalian pergunakan untuk berobat adalah baik, maka itu adalah berbekam/ hijamah” HR. Abu Daud.

”Hendaklah kalian menggunakan minyak zaitun sebagai lauk dan buatlah ia sebagai minyak oles, karena ia (minyak zaitun) berasal dari pohon yang diberkahi.” (HR Abu Daud).

"Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan."
(QS. An-Nahl, 16: 69)

ZAITUN Sungguh, banyak sekali penyebutan Zaitun di dalam Al Qur’an, Alloh Azza wa Jalla bersumpah dengan zaitun tersebut dalam firman Nya: “Demi pohon Tien dan Zaitun” (QS. At-Tin [95] 1-2), dan firmanNya dalam surat An-Nuur [24] ayat 35 ,” Dinyalakan (dengan minyak) dari sebuah pohon yang diberkahi, (yaitu) zaitun yang tidak tumbuh di sebelah timurnya dan tidak pula disebelah baratnya, hampir-hampir minyaknya saja menerangi walaupun tidak disentuh api”.

Rasulullah SAW bersabda, “Kurma itu menghilangkan penyakit dan tidak membawa penyakit. Ia berasal dari surga. Dan di dalamnya terkandung obat.”

Rasulullah SAW bersabda, “Rumah yang didalamnya tidak ada kurma, penghuninya adalah orang-orang lapar.” (HR. Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda, “Kurma ajwa yang baik berkhasiat sebagai penyembuh.”

Aisyah berkata, “Rasulullah telah menyebut kurma dan susu sebagai makanan terbaik diantara makanan lainnya.”

Muslim berkata, “Abdullah bin Ghifar melihat Rasulullah mengonsumsi mentimun bersama kurma rutab.”

Sa’ad ra mendengar Rasulullah bersabda, “Barang siapa memakan tujuh butir kurma ajwah di pagi hari, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya pada hari itu.” (HR. Bukhari).

Anas ra berkata, “Rasulullah SAW berbuka sebelum shalat dengan beberapa butir kurma basah (ruthab). Apabila tidak ada kurma basah di tempat beliau, maka beliau berbuka dengan beberapa butir kurma kering (tamr). Dan apabila tidak ada kurma kering, maka beliau menghirup beberapa teguk air.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Salman ibnu Amir Al Dhabbi meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Apabila seorang dari kalian berbuka, maka hendaklah dia berbuka dengan kurma. Sesungguhnya kurma itu berkah. Dan apabila dia tidak mendapatkan kurma, maka hendaklah dia berbuka dengan air. Sesungguhnya air itu suci.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Sebaik-baiknya tuak adalah cuka ( HR: Muslim - Ahmad ) Ya Allah berkahilah cuka karena ia adalah tuak para Nabi sebelumku ( HR: Ibnu Majah )

Dalam Ash-Shohihain diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus Sauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”

Imam Bukhori juga meriwayatkan hadist dari Aisyah R.A bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda;

” Sesungguhnya Habbatus Sauda’ ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam. Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.”

Dalam riwayat Muslim: “Tidak ada suatu penyakit, kecuali penyembuhannya ada didalam Habbatus Sauda.”

Beliau SAW juga bersabda: “air Zamzam berguna untuk tujuan apa ia diminum. Jika engkau meminumnya untuk tujuan kesembuhan, niscaya Allah menyembuhkanmu. Jika engkau meminumnya untuk memperoleh perlindungan, niscaya Allah melindungi. Dan jika engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, niscaya Allah menghilangkan dahagamu”.

Dari Abu Dzar RA, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Zamzam adalah makanan yang mengenyangkan dan penyembuh penyakit” .

Dari Ibnu Abbas RA bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Sesungguhnya salah satu tanda yang membedakan antara kita dengan orang-orang munafik adalah mereka tidak mau bertadhollu’ dengan air Zamzam”.

Griya Sehat Al Wahida Samarinda, Pelayanan Praktik Senin sampai Sabtu pukul 20.00 s.d. Selesai Bersama Amin Yusuf & Wiwit Citarasmi (Herbalis & Terapis Islami) Beralamatkan di Jalan Suryanata Gang 09 RT 27 No. 57 Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Mohon Konfirmasi lewat SMS atau telepon Sebelum berkunjung, Kontak Personal 081350111924, email: alwahidaherbal@ymail.com info lengkap http://www.alwahidaherbal.co.cc [AWH]

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...