Selasa, 18 Oktober 2011

Profil Singkat UKM LDK-LDM UMI

LDM UMI
1. Sejarah singkat UKM LDK-LDM UMI
Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Liga Dakwah Mahasiswa (UKM LDK-LDM UMI) adalah suatu unit kegiatan mahasiswa yang kegiatan utamanya adalah bergerak sesuai manhaj (aturan) dakwah serta kegiatan-kegiatan lainnya yang mendukung.
UKM LDK-LDM UMI secara resmi di dirikan pada tanggal 11 Juli 1991 untuk waktu tidak terbatas. berfungsi sebagai wadah kreasi dan aspirasi mahasiswa muslim dalam lingkup Universitas Muslim Indonesia yang mengembangkan misi dakwah dan syair Islam.
Cikal bakal lahirnya UKM LDK-LDM UMI dimulai oleh beberapa mahasiswa UMI dari Tahfizdul Qur’an yang diutus oleh pihak Rektor Umi untuk mengikuti kegiatan sarasehan Lembaga Dakwah Kampus. setelah mengikuti kegiatan tersebut, selanjutnya merasakan perlunya menghimpun diri dalam sebuah Lembaga Dakwah Kampus untuk membincangkan masalah aktual seputar dunis Islam.

Adapun yang melatarbelakangi kelahiran UKM LDK-LDM ini semata-mata atas kesadaran penuh dan tanggung jawab akan perlunya mengorganisir seluruh potensi yang ada pada diri mahasiswa msulim untuk memberikan andil yang signifikan dalam transformasi sosial.

2. Tujuan UKM LDK-LDM UMI
a. Ridho Allah swt adalah pengabdian tertinggi dari ikhtiar organisasi
b. Terciptanya invidu muslim dengan pemikiran komprehensif dan sistematis untuk
perjuangan kehidupan Islam
c. Terciptanya insan cendikiawan, kreatif, produktif, dan bertanggungjawab terhadap
dinamika keumatan

3. Kedudukan UKM LDK-LDM UMI
UKM LDK-LDM UMI adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa di UMI yang bersifat independen di bawah koordinasi Wakil Rektor III, jadi SK Pengurus dikeluarkan oleh Rektor UMI. UKM LDK-LDM UMI berkedudukan di Kampus II UMI, dengan alamat kampus II Jl. Sumoharjo KM. 05 Makassar, Sulawesi Selatan. E-Mail : ldkldmumi@yahoo.co.id

MOTO UKM LDK-LDM UMI
“Dakwah Islam, Pemikiran tanpa Kekerasan”

4. Latar Belakang
A. adapun yang melatarbelakangi kelahrian LDK-LDM UMI ini semata-mata atas kesadaran penuh dan tanggungjawab akan perlunya mengorganisir seluruh potensi yang ada pada diri mahasiswa muslim untuk memberikan andil yang signifikan dalam transformasi sosial.
B. Kalian adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia. menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah kepada yang munkar dan kalian beriman kepada Allah (TQS. Ali Imran [3] : 110).
C. Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah meraka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk (TQS. An-Nahl [16] :125).
D. Sampaikanlah walaupun satu ayat (Al-Hadist).

5. Visi
Kampus Profesional yang berideologi islam dan menjadikannya sebagai landasan dan kepemimpinan berfikir seluruh civitas akademikia UMI sehingga terbentuk insan akademik Istiqomah dalam memperjuangkan Islam.

6. Misi
a. Pembinaan dan kaderisasi untuk peningkatan SDM mandiri yang berkwalitas serta memiliki kemampuan aplikatif pengembangan nilai-nilai Islam.
b. Berfikir aktif dalam mengatasi problem sosial kemasyarakatan sebagai wujud pengabdian terhadap masyarakat.

7. Budaya Organisasi
Berkomitmen peuh pada perjuangan
Memiliki kesadaran ruhiyah dalam setiap aktivitas dengan pandangan visioner untuk mempertanggungjawabkannya di hadapan Allah swt.
Berjuang dengan sungguh-sungguh mengerahkan segenap potensi dalam dakwah secara optimal.
Evaluasi tindakan dan senantiasa melakukan perbaikan.
Kesadaran untuk senantiasa meningkatkan kapasitas diri.
Memiliki tradisi berpikir dan bertindak secara konsepsional. [GP]

Artikel yang berkaitan



1 komentar:

  1. Semoga UKM LDK LDM UMI selalu aktif dan makin massif melakukan dakwah di Kampus

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...