Selasa, 06 September 2011

Ucapan 'Minal aidin walfaidzin' hanya ada di Indonesia

Halal bi Halal
Suara Pembebasan. Tradisi `halal bil halal` dan ucapan `minal aidin walfaidzin` tidak dikenal di dunia termasuk di negara-negara Arab, pasalnya hal tersebut itu hanya tradisi di Indonesia, demikian yang diungkapkan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Palu, Sulawesi Tengah KH Zainal Abidin.

“Tradisi `halal bil halal` tidak dikenal di dunia termasuk di Arab Saudi. Hanya orang Indonesia yang menemukan dan mentradisikan kegiatan itu,” kata Zainal Abidin dalam ceramahnya pada acara malam `halal bil halal` di lapangan Watulemo, Palu, Senin (5/9/2011) malam.

Zainal Abidin juga mengungkapkan bahwa orang Arab sendiri tidak mengerti dengan kata `halal bil halal`, sebab kata tersebut tidak dikenal dalam struktur bahasa Arab. Meski demikian tetapi `halal bil halal` banyak manfaatnya salah satunya sebagai jalan menuju penyelesaian masalah.

“Oleh sebab itu kalau ada masalah bisa diselesaikan dengan cara `halal bil halal`,” kata Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Datokarama Palu tersebut.

Selain itu, Zainal juga menjelaskan, bahwa kalimat `minal aidin walfaidzin` hanya populer di Indonesia. Zainal menjelaskan meskipun kalimat tersebut diambil dari bahasa Arab tetapi orang Arab sendiri tidak mengerti dengan kalimat “minal aidin walfaidzin` tersebut. Pasalnya kalimat tersebut tidak dikenal dalam struktur bahasa Arab. [GP]

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...