Rabu, 06 Juli 2011

Mendapatkan Pendidikan Semakin Sulit dan Mahal

RSBI
Suara Pembebasan. Saat ini sekolah semakin sulit dan mahal. Memasuki tahun ajaran baru, sejumlah orangtua di berbagai daerah dipusingkan dengan semakin sulitnya mencari sekolah berkualitas dan semakin mahalnya biaya sekolah.

Kesulitan utama siswa dan orangtua terutama karena sebagian sekolah publik berkualitas baik sudah berubah menjadi rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI). Untuk RSBI, selain tes masuk lebih awal pada Maret-Mei, sekolah bebas memungut biaya masuk dari orangtua siswa. Di Kota Cirebon, Bandung, dan Jakarta, misalnya, biaya masuk SMP negeri berstatus RSBI minimal Rp 6 juta. Adapun biaya masuk untuk SMA negeri berstatus RSBI bisa di atas Rp 15 juta.

Siswa yang masuk kelas bilingual di SMA negeri di Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, dikenai uang pangkal Rp 3,8 juta dan biaya lain-lain Rp 2,1 juta atau total Rp 5,9 juta. Belum lagi uang sekolah yang besarnya dipatok Rp 300.000 per bulan.

Di Jakarta Selatan, SMP bilingual yang belum RSBI mematok sumbangan Rp 6 juta per siswa yang bisa dicicil setahun. Adapun untuk RSBI, biayanya lebih besar lagi. [GP]

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...