Minggu, 03 Juli 2011

Kebijakan Negara Khilafah Dalam Bidang Olahraga

Khilafan Conference
GEMA Pembebasan. Negara Khilafah adalah negara ideologi yang akan mene-rapkan Islam sebagai dasar ne-gara dan menyebarkannya ke seluruh dunia. Dengan begitu, misi Negara Khilafah adalah menyebarkan cahaya Islam ke seluruh penjuru dunia dengan dakwah dan jihad untuk membebaskan umat manusia dari penjajahan dan perhambasn kepada sesama manusia untuk menyembah Allah SWT. Melalui Negara Khilafah dengan misinya itu Islam akan menjadi pemimpin ideologi dunia. Maka, kemuliaan Islam menjadi kebanggan umat Islam, bahkan seluruh umat manusia.

Karena itu, konsentrasi Negara Khilafah dan umat Islam adalah bagaimana mengemban Islam ke seluruh dunia untuk membebaskan umat manusia dari kegelapan Kapitalisme, Sosialisme atau isme-isme lain, hingga mereka bisa merasakan indahnya hidup dalam naungan Islam. Itulah fokus dan konsentrasi kaum Muslim. Olahraga dibutuhkan hanya untuk men-jaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar bisa mengemban risalah yang mulia itu. Olahraga bukan menjadi profesi, tujuan, dan orientasi hidup umat Islam.

Dengan begitu, Negara Khi-lafah tidak akan mengorganisasi olahraga dan melombakannya, termasuk membentuk badan-badan khusus yang menangani cabang olahraga untuk diperlombakan, baik di level lokal, nasional, regional hingga internasional. Sebab, semuanya ini termasuk kategori permainan terorganisasi (lahw[un] munadz-dzam[un]) yang nyata mema-lingkan umat dari visi, misi, tujuan dan orientasi hidupnya sebagai umat pengemban risalah.

Meski demikian, tidak berarti negara tidak akan mem-bangun fasilitas olahraga. Fasilitas olahraga, sebagai sarana untuk berolahraga, seperti lapangan, kolam renang, arena panah, arena pacuan kuda, dan sebagainya tetap akan dibangun oleh Negara Khilafah. Bedanya, semuanya itu didedikasikan sebagai bentuk pelayanan publik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran rakyat dalam rangka mengemban risalah, dengan dakwah dan jihad. Dengan maksud itulah, maka Khalifah al-Amin, pengganti Harun ar-Ra-syid, dari Khilafah 'Abbasiyah, pernah membangun lapangan sepak bola. Bukan untuk yang lain. Wallahu a'lam. [GP]

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...