Sabtu, 30 Juli 2011

Informasi Hilal Global: Hari ini Menggenapkan Sya'ban, Awal Ramadhan Jatuh Pada Hari Senin, 01 Agustus 2011

Hilal
Suara Pembebasan. Setelah mencari hilal Ramadhan pada malam ini, malam Ahad, maka tidak terbukti ru’yat hilal syar’i. Atas dasar itu maka besok Ahad, (31/07/2011), menggenapkan bulan Sya'ban dan hari Senin (01/08/2011) adalah hari pertama bulan Ramadhan al-mubarak. Demikian seperti disampaikan oleh Utsman Bakhash Direktur Kantor Media Pusat Hizbut Tahrir. Utsman Bakhash mengawali pengumuman resmi tentang awal Ramadhan berdasarkan rukyat global tersebut dengan membacakan ayat al-Quran surat al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi:

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Kemudian ia mengingatkan tentang riwayat Imam Bukhari yang telah mengeluarkan di dalam Shahîh-nya dari jalur Muhammad ibn Ziyad, ia berkata: aku mendengar Abu Hurairah ra., berkata: “Nabi saw bersabda atau ia (Muhammad ib Ziyad) berkata: Abu al-Qasim saw bersabda:

Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berbukalah kalian karena melihatnya, jika hilal itu tertutup bagi kalian (tidak bisa terlihat) maka genapkanlah hitungan Sya’ban menjadi 30 hari.

Pada kesempatan itu juga, Utsman Bakhash menyampaikan ucapan selamat dari Amir Hizbut Tahrir, Atha’ ibn Khalil Abu ar-Rasytah hafazhahullâh kepada seluruh kaum Muslim atas bulan suci Ramadhan.

"Dia berdoa kepada Allah Swt. untuk memberkahi kita di bulan suci Ramadhan al-Mubarak dengan tegaknya Agama Allah di bumi ini dan mengembalikan kekuasaan umat melalui penegakkan kembali Daulah Khilafah yang akan mengangkat kedzaliman kaum terdzalimi dan membawa keadilan bagi para hamba Allah yang tertindas dan yang akan menerapkan syariat Allah," katanya. [GP]

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...