Jumat, 30 Januari 2009

Monumen Pelemparan Sepatu ke Bush Diresmikan

Insiden pelemparan sepatu kepada George W. Bush, 14 Desember 2008, sudah menjadi peristiwa yang bersejarah di Irak. Untuk mengenang aksi yang memalukan bagi presiden Amerika Serikat itu, didirikanlah sebuah monumen berbentu sebuah sepatu di kota Tikrit, 130 km sebelah utara Baghdad, Irak.

Stasiun televisi BBC mengungkapkan bahwa sekitar 400 orang di Tikrit, Kamis 29 Januari 2009, hadir dalam peresmian monumen. Bentuk monumen yang terbuat dari perunggu setinggi 3 meter itu mirip dengan sepatu yang dilemparkan seorang wartawan Irak, Muntadar al-Zaidi, kepada Bush.

Pembuatnya adalah seorang seniman bernama Laith al-Amari. Dia menegaskan bahwa pembuatan monumen itu bukan untuk tujuan politis, melainkan ingin mengungkapkan bahwa sepatu yang dilempar ke Bush sudah menjadi "simbol kebanggaan semua orang Irak."

Patung sepatu besar itu berlandaskan sebuah batu ukiran yang bertuliskan sebuah puisi pujian kepada al-Zaidi. Pahlawan baru Irak itu ironisnya masih mendekam di penjara menunggu kasusnya disidangkan di pengadilan.

Sedangkan sepasang sepatu yang dilempar al-Zaidi tersebut konon sudah dihancurkan aparata keamanan Irak dan AS kalau-kalau menyimpan bahan peledak. [GP]

Artikel yang berkaitan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...